Selasa, 19 Juli 2011

Dapatkah Saya Melihat Makhluk Ghaib?

Dapatkah Saya Melihat Makhluk Ghaib?
Assalaamu'alaikum wr wb
Pak ustadz, bolehkan saya mengharapkan dapat melihat mahluk ghaib ciptaan Allah selain manusia? 10 tahun yang lalu, saya sering sekali diganggu hal-hal gaib saat akan tidur. Dan saya sempat berdoa pada Allah, untuk meminta dibukakan mata agar dapat melihat fisik mereka (makhluk ghaib), tetapi sepertinya Allah tidak mengabulkan, yang pasti itulah yang terbaik bagi Saya.
Bagaimana supaya kita bisa melihat makhluk ghaib? Tapi, saya tidak mau belajar ataupun berilmu kepada orang lain yang tidak jelas jalannya, misalnya dukun atau paranormal. Saya hanya ingin mendapatkannya langsung dari Allah. Adakah ayat atau doa khusus (kalau Allah mengizinkan).
Persiapan fisik apa saja yang diperlukan? Misalnya apakah perlu sholat sunat, puasa atau amalan apa. Maaf apabila keinginan saya tidak wajar, segala sesuatunya saya serahkan kembali kepada Allah berkenan atau tidaknya. terima kasih pak ustadz.
Wassalamu'alaikum wr. wb.
Aina

Jawaban

Wa'alaikumsalaam wr. wb.
Saudari Aina, jika anda berdoa meminta kepada Allah SWT, agar bisa melihat makhluk ghaib, dan tidak dikabuilkan. Memang begitulah, karena Allah tidak mungkin mengabulkan sesuatu yang salah dalam berdoa. Padahal doa orang beriman itu pasti dikabulkan. Yang perlu diketahui adalah di dalam Al-Qur'an, dalam hadis Nabi saw dan dalam contoh kehidupan Rasulallah saw serta para sahabat, tidak ada ajaran yang mengajarkan agar manusia bisa melihat makhluk halus atau melihat barang yang ghaib.
Dinamakan ghaib itu, karena sesuatu yang tidak bisa dilihat dengan mata manusia. Artinya kehidupan manusia itu terpisah, dengan terpisahnya itu, Allah tidak memberikan amalan apapun yang bisa membuat kita melihat makhluk gahib. Ilmu-ilmu yang digunakan untuk melihat yang ghaib adalah ilmu yang bukan berasal dari Allah dan Rasulnya.
Ilmu tersebut bisa berasal dari dukun dan bisa juga berasal dari setan, walaupun dalam persaratan ilmu tersebut adalah dengan melakukan sholat, puasa, zakat dan sebagainya. Namun, ibadah-ibadah itu bukan dilakukan karena Allah, tapi karena ingin mengabdi kepada setan,untuk membantu manusia agar bisa melihat makhluk ghaib.
Para sahabat tidak ada yang bersusah payah menuntut ilmu,untuk melihat makhluk ghaib. Kalau hal ini merupakan kebaikan, pasti para sahabat sibuk untuk mencari ilmu tersebut. Tapi, karena ini bukan suatu kebaikan, maka para sahabat tidak ada yang mencari ilmu tersebut. Pengalaman kita di lapangan, orang-orang yang dapat melihat makhluk ghaib dengan cara belajar, pasti pembelajarannya bertentangan dengan syariat Islam.
Jadi yang terpenting untuk anda, sebaiknya menuntut ilmu Islam yang benar. Karena itu merupakan benteng yang kuat, agar anda tidak lagi diganggu oleh setan. "Toh tidak ada manfaatnya, kita mempunyai kemampuan melihat setan. Yang ada anda malah ketakutan, bahkan anda bisa sombong, atau anda bisa disetir menjadi orang yang sesat. "
Yang terpenting sekarang adalah bagaiman menuntut ilmu Islam yang benar, lakukanlah sholat dengan benar dan berdoalah kepada Allah, minta apa saja yang baik-baik dan bermanfaat untuk masa depan Islam. Jadi itulah yang harus kita lakukan, dan jauhkanlah segala niat yang tidak baik seperti itu.
Demikianlah jawaban dari saya, semoga Allah SWT melindungi anda dari hal-hal yang ghaib.
Wassalaamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar